IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 3 SMKN 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2014/2015

INAYATI, NUR (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 3 SMKN 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Other
12.SKRIPSI FULL.PDF

Download (5MB) | Preview

Abstract

Oleh: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas X AK 3 SMKN 1 Godean Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X AK 3 SMKN 1 Godean tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi Aktivitas Belajar Akuntansi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta analisis data kuantitatif yang terdiri dari penilaian Aktivitas Belajar Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X AK 3 SMKN 1 Godean Tahun Ajaran 2014/2015 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Indikator memperhatikan saat guru menerangkan mengalami peningkatan 11,67% dari siklus I 88,33% menjadi 100% pada siklus II. Indikator bertanya mengenai materi yang belum paham mengalami peningkatan sebesar 32,1% dari siklus I 55% menjadi 87,1% pada siklus II. Indikator menjawab pertanyaaan yang diajukan guru mengalami peningkatan sebesar 18,93% dari siklus I 63,33% menjadi 82,26% pada siklus II. Indikator siswa mengemukakan pendapat saat diskusi mengalami peningkatan 3,65% dari siklus I 86,67% menjadi 90,32% pada siklus II. Indikator mengerjakan tugas kelompok yang diberikan guru mengalami peningkatan 3,33% dari siklus I 96,67% menjadi 100% pada siklus II. Indikator mengerjakan kuis secara mandiri mengalami peningkatan sebesar 6,67% dari siklus I 93,33% menjadi 100% pada siklus II. Indikator mencatat materi pelajaran yang telah dijelaskan mengalami peningkatan sebesar 35,5% dari siklus I 50% menjadi 85,5% pada siklus II. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Akuntansi, STAD, SMKN 1 Godean

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 21:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17092

Actions (login required)

View Item View Item