PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KLATEN

Rochmatillah, Dawud (2014) PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dawud Rochmatillah 09201241036.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Klaten. Dalam penelitian ini pembelajaran ditinjau dari seluruh komponen pembelajaran yang terdiri dari proses pelaksanaan pembelajaran yang mencakup guru dan siswa, tujuan, materi, metode, media, serta evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMKN 2 Klaten. Objek penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia semester genap kelas XI SMKN 2 Klaten, serta dokumen-dokumen yang terkait dengan proses pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan/observasi, serta dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan tahapan, reduksi data, display data, pembahasan, serta penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 2 Klaten terlaksana sebagai berikut: (1) Guru telah menyusun silabus dan RPP sebelum pembelajaran dilaksanakan, (2) Siswa memiliki respon yang tinggi serta berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, (3) Tujuan pembelajaran adalah menyiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja, (4) Materi pembelajaran dari ketujuh KD telah disampaikan meskipun KD yang terlaksana di lapangan hanya tiga, (5) Metode utama yang digunakan guru adalah metode komunikatif, ditambah dengan metode penugasan, partisipatori, serta cara diam, (6) Guru menggunakan berbagai media dalam pembelajaran seperti presentasi, film, bagan, media cetak, serta informasi dari internet. (7) Evaluasi yang dilakukan oleh guru terdiri dari evaluasi lisan, tulis, praktik, dan sikap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, bahasa, smk
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Apr 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 21:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17017

Actions (login required)

View Item View Item