PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA DANA KAS KECIL SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Wulandari Safania, Wulan (2013) PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA DANA KAS KECIL SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
keseluruhan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA DANA KAS KECIL SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh : SAFANIA WULANDARI 09403241026 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan menerapkan model Active Learning teknik Question Student Have (QSH). Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan persentase dan analisis data kualitatif. Analisis data deskriptif kualitatif dengan persentase digunakan untuk mengetahui skor persentase serta peningkatan Motivasi dan Aktivitas Belajar Akuntansi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan memberikan kesimpulan dalam bentuk teks naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Active Learning teknik Question Student Have dapat meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2012/2013. Peningkatan dilihat dari skor persentase keseluruhan motivasi belajar pada siklus I sebesar 70,49%. Siklus II skor persentase keseluruhan sebesar 77,20%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 6,71%. Penelitian ini juga terbukti meningkatkan Aktivitas Belajar, baik aktivitas fisik maupun aktivitas mental dan emosional. Pada siklus I aktivitas fisik siswa menunjukkan skor persentase keseluruhan sebesar 62,41%, sedangkan aktivitas mental dan emosional menunjukkan skor persentase keseluruhan sebesar 70,26%. Pada siklus II aktivitas fisik siswa menunjukkan persentase keseluruhan sebesar 80,18%, sedangkan aktivitas mental dan emosional siswa menunjukkan persentase keseluruhan sebesar 76,15%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Dilihat dari aktivitas fisik siswa terjadi peningkatan sebesar 17,77%, sedangkan aktivitas mental dan emosional mengalami peningkatan sebesar 5,89%. Kata kunci: Question Student Have, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:34
Last Modified: 29 Jan 2019 21:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16493

Actions (login required)

View Item View Item