IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU SCIENCE DAN DEEN AL-ISLAM PADA KELAS IV SDIT LUQMAN AL HAKIM INTERNASIONAL, BANTUL, YOGYAKARTA

Fatma, Pratiwi (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU SCIENCE DAN DEEN AL-ISLAM PADA KELAS IV SDIT LUQMAN AL HAKIM INTERNASIONAL, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
FATMA PRATIWI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) penilaian dalam mengimplementasian Pembelajaran Terpadu Science dan Deen Al-Islam pada kelas IV SDIT Luqman Al Hakim Internasional, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskripsif. Subjek penelitian adalah guru Science dan guru Deen Al-Islam di kelas IV. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-September 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis perencanaan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran terpadu Science dan Deen Al-Islam dilakukan dengan membuat unit plan dan lesson plan. Unit plan telah tersusun sistematis berdasarkan tujuh tahapan pembelajara terpadu versi SDIT LHI, sedangkan lesson plan masih berdiri sendiri-sendiri berdasarkan mata pelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, aktivitas pembelajaran menggunakan pendekatan; 1) multidisipliner dengan menghadirkan tema yang dikaitkan dari beberapa materi dalam disiplin ilmu. Tema tersebut adalah Hemat Energi (Kampanye Hemat Listrik Menggunakan Maket); 2) antardisipliner yakni menggabungkan beberapa mata diantaranya Deen Al-Islam, Science, ICT, Math, B indo, PKn, dan Art and Design; 3) transdisipliner yakni mengembangkan kecakapan hidup (life skills) yang berhubungan dengan konteks kehidupan nyata. Kecakapan hidup yang dimaksud meliputi; a) mengagumi yang mengembangkan aspek spiritual; b) menghayati mengembangkan aspek karakter; c) meneliti mengembangkan aspek intelektual; d) merealisasi mengembangkan aspek kreativitas; e) mengkolaborasi mengembangkan aspek kerjasama; f) mengaktualisasi mengembangkan aspek budaya; dan g) memberi mengembangkan aspek kepedulian terhadap sesama. Penilaian pembelajaran dilakukan secara otentik dengan jenis penilaian kinerja, penilaian portofolio, dan penilaian tertulis. Penilaian tema penelitian belum menunjukan kesesuaian terhadap indikator ketercapaian hasil yang tertera di dalam dokumen kurikulum SDIT LHI. Kata kunci : pembelajaran terpadu Science dan Deen Al-Islam

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16403

Actions (login required)

View Item View Item