PROYEKSI KEBUTUHAN GURU KELOMPOK PRODUKTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) RUMPUN BISNIS DAN MANAJEMEN (BISMAN) 2014/2015-2023/2024 DI KABUPATEN KULON PROGO

Eni, Kusrini (2015) PROYEKSI KEBUTUHAN GURU KELOMPOK PRODUKTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) RUMPUN BISNIS DAN MANAJEMEN (BISMAN) 2014/2015-2023/2024 DI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eni Kusrini NIM. 10101241008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proyeksi kebutuhan guru kelompok produktif SMK rumpun Bisman di Kabupaten Kulon Progo tahun 2014/2015 hingga 2023/2024, sehingga diketahui gambaran kebutuhannya. Penelitian ini merupakan penelitian perencanaan pendidikan dengan pendekatan pragmatis. Subyek penelitian ini adalah guru kelompok mata pelajaran rumpun Bisman di Kabupaten Kulon Progo. Lokasi Penelitian adalah Kabupaten Kulon Progo dengan pengambilan data di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo dan ICT Center SMK Kabupaten Kulon Progo. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik proyeksi. Hasil Penelitian kebutuhan ideal guru produktif SMK rumpun Bisman hingga tahun 2023/2024 menunjukkan bahwa; (1) Jurusan Administrasi Perkantoran jika menambahkan mata pelajaran kelompok Dasar Bidang Kejuruan terjadi kekurangan guru sebanyak 123 orang. Apabila menambahkan mata pelajaran kelompok Dasar Bidang Kejuruan kecuali mata pelajaran Pengantar Akuntansi terjadi kekurangan guru sebanyak 116 orang. Apabila tanpa menambahkan mata pelajaran kelompok Dasar Bidang Kejuruan terjadi kekurangan guru sebanyak 94 orang; (2) Jurusan Akuntansi jika menambahkan mata pelajaran kelompok Dasar Bidang Kejuruan terjadi kekurangan guru sebanyak 509 orang. Apabila menambahkan mata pelajaran kelompok Dasar Bidang Kejuruan di jurusan Akuntansi dan mata pelajaran Pengantar Akuntansi di semua jurusan rumpun Bisman terjadi kekurangan guru sebanyak 534 orang. Tanpa menambahkan mata pelajaran kelompok Dasar Bidang Kejuruan kecuali mata pelajaran Pengantar Akutansi di semua jurusan rumpun Bisman terjadi kekurangan guru sebanyak 481 orang, jika hanya di jurusan Akuntansi akan kekurangan sebanyak 456 orang; dan (3) Jurusan Pemasaran jika menambahkan mata pelajaran kelompok Dasar Bidang Kejuruan terjadi kekurangan guru sebanyak 170 orang. Apabila menambahkan mata pelajaran kelompok Dasar Bidang Kejuruan kecuali mata pelajaran Pengantar Akuntansi terjadi kekurangan guru sebanyak 161 orang. Apabila tanpa menambahkan mata pelajaran kelompok Dasar Bidang Kejuruan terjadi kekurangan guru sebanyak 139 orang. Kata kunci: proyeksi kebutuhan, guru kelompok produktif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:22
Last Modified: 29 Jan 2019 20:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16373

Actions (login required)

View Item View Item