PENGARUH KUALITAS INFORMASI, PERSEPSI KEBERMANFAATAN, DAN COMPUTER SELF EFFICACY TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET OLEH MAHASISWA SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PUSTAKA

Wiratama Diwananda, Tama (2013) PENGARUH KUALITAS INFORMASI, PERSEPSI KEBERMANFAATAN, DAN COMPUTER SELF EFFICACY TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET OLEH MAHASISWA SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PUSTAKA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Diwananda Wiratama.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KUALITAS INFORMASI, PERSEPSI KEBERMANFAATAN, DAN COMPUTER SELF EFFICACY TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET OLEH MAHASISWA SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PUSTAKA Oleh: DIWANANDA WIRATAMA 09412144047 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Kualitas Informasi terhadap Penggunaan Internet, (2) pengaruh Persepsi Kebermanfaatan terhadap Penggunaan Internet, (3) pengaruh Computer Self Efficacy terhadap Penggunaan Internet (4) pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Kebermanfaatan, dan Computer Self Efficacy secara bersama-sama terhadap Penggunaan Internet oleh Mahasiswa sebagai Salah Satu Sumber Pustaka Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Akuntansi angkatan 2009-2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang masih aktif pada perkuliahan (tidak sedang cuti,dll). Kuesioner diuji validitas dan realibilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Internet, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,318, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,101 dan nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 4,785<1,980 (2) Persepsi Kebermanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Internet, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,490, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,240 dan nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 8,009>1,980 (3) Computer Self Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Internet, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,529, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,280 dan nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 8,887>1,980 (4) Kualitas Informasi, Persepsi Kebermanfaatan, dan Computer Self Efficacy secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Internet oleh Mahasiswa sebagai Salah Satu Sumber Pustaka, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,634, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,402 dan nilai F hitung > F tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 45,097>2,670. Kata Kunci: Kualitas Informasi, Persepsi Kebermanfaatan, Computer Self Efficacy, Penggunaan Internet.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item View Item