FUNGSI PERPUSTAKAAN DALAM MEMBINA MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI KRAPYAK WETAN KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Deni, Arifin (2015) FUNGSI PERPUSTAKAAN DALAM MEMBINA MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI KRAPYAK WETAN KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Deni Arifin.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) pelaksanaan fungsi perpustakaan; (2) pelaksanaan pembinaan minat bacasiswa; dan (3) dampakpelaksanaan fungsi perpustakaan dengan minat baca siswa di SD N Krapyak Wetan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, petugas perpustakaan, guru kelas, siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pelaksanaan fungsi perpustakaan di SD N Krapyak Wetan (edukatif, informatif, rekreasi, riset, dan tanggung jawab administrasi) sudah terlaksana dengan baik, meskipun tenaga perpustakaan yang terlibat hanya satu orang dan pengelolaannya masih manual. Indikator dari keterlaksanaan fungsi perpustakaan yang baik dapat dilihat dengan adanya cukup banyak koleksi buku di perpustakaan, sarana dan prasarana yang bersifat rekreasi atau menghibur, arsip atau buku yang dapat di manfaatkan sebagai sumber informasi penelitian, jadwal dan layanan perpustakaan, tata tertib dan aturan yang sudah ada dan didayagunakan dengan baik; (2) pembinaan minat baca siswa di SD N Krapyak Wetansudah berjalan dengan baik,meskipun petugas perpustakaan memiliki keterbatasan di dalam mengelompokan bentuk buku berdasarkan minat dari siswa. Indikator keterlaksanaan pembinaan minat baca yang baik dapat dilihat dari cara-cara yang dilakukan yaitu, menyediakan jumlah koleksi perpustakaan yang memadai, guru menggunakan perpustakaan sebagai kegiatan belajar mengajar, petugas perpustakaan bekerjasama dengan perpustakaan daerah untuk mengedrop buku bacaan sebanyak lima puluh buku setiap bulannya dengan setatus di pinjamkan untuk menggugah kegemaran siswa membaca; dan (3) terdapat dampak pelaksanaan fungsi perpustakaan dengan minat baca siswa di perpustakaan SD N Krapyak Wetan. Terbukti dengan banyaknya siswa yang berkunjung ke perpustakaan. Mereka juga merasa nyaman untuk membaca dan belajar di perpustakaan karena didukung oleh koleksi yang banyak serta lingkungan perpustakaan yang nyaman. Kata kunci : fungsi perpustakaan sekolah dasar, minat baca.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 02:50
Last Modified: 29 Jan 2019 20:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16302

Actions (login required)

View Item View Item