KECERDASAN INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEMBARAN KULON I

Risa, Handini (2013) KECERDASAN INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEMBARAN KULON I. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RISA HANDINI_NIM 09108241008.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran mengenai kecerdasan interpersonal pada siswa kelas IV SD Negeri Kembaran Kulon I. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggambarkan permasalahan kecerdasan interpersonal yang dialami siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kembaran Kulon I. Objek penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal pada siswa. Setting penelitian mengambil tempat SD Negeri Kembaran Kulon I. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif serta kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal pada siswa berada dalam kategori sedang. Dalam kategori ini siswa tersebut memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dalam kategori rata-rata artinya siswa cukup mampu dalam membangun hubungan sosial. Dari hasil penelitian diketahui bahwa beberapa permasalahan kecerdasan interpersonal yang terjadi pada siswa yaitu kesulitan untuk berkomunikasi baik dengan guru maupun dengan siswa. Selain itu, siswa yang mengalami permasalahan kecerdasan interpersonal cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran serta mengalami kesulitan dalam bekerja dalam kelompok serta cenderung dijauhi oleh siswa lain. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16255

Actions (login required)

View Item View Item