PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI ASAM BASA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL)

Sukasri, Arifah (2011) PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI ASAM BASA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan kimia yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat dan pemodelan pembelajaran kimia SMA/MA materi asam basa dengan pendekatan inquiry based learning, mengetahui kualitas perangkat dan pemodelan pembelajaran kimia yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran ini terdiri dari RPP, LKPD, handout, dan media berupa power point serta video pemodelan pembelajaran kimia. Kualitas perangkat pembelajaran dinilai oleh reviewer yaitu 5 orang pendidik dari SMA/MA di Kebumen dan Yogyakarta. Sedangkan kualitas video pemodelan dinilai oleh 3 dosen ahli teknologi pembelajaran kimia. Penilaian perangkat pembelajaran dan video pemodelan dilakukan dengan cara mengisi instrumen penilaian Perangkat dan Pemodelan Pembelajaran Kimia SMA/MA Materi Asam Basa dengan Pendekatan Inquiry Based Learning (IBL). Hasil penelitian pengembangan ini berupa perangkat dan video pemodelan pembelajaran. Kualitas RPP, LKPD, dan handout adalah sangat baik (SB) dengan persen keidealan masing-masing 86%, 87,2%, dan 85,2%. Sedangkan kualitas media adalah baik (B) dengan persen keidealan 81,53%. Kualitas video pemodelan adalah sangat baik (SB) dengan persen keidealan 90,82%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16072

Actions (login required)

View Item View Item