PENGEMBANGAN MEDIA CHEMTOON MOVIE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/ MA KELAS X

RAHMAWATI, ROHIMAH (2011) PENGEMBANGAN MEDIA CHEMTOON MOVIE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/ MA KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK indo.rtf

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menghasilkan media sebagai fungsi kreasi dan novasi yang berkualitas dan layak sesuai dengan kriteria kualitas media yang telah ditentukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, (2) menilai kualitas media berupa keefektifan, keefisienan, kemenarikan dan kemudahan produk yang telah dikembangkan sesuai dengan aspek dan kriteria kualitas yang ditentukan berdasarkan penelitian reviewer. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode prosedural yakni model yang bersifat deskriptif dan menggariskan langkah-langkah yang diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Pengembangan prosedur pengembangan ini dilakukan melalui beberapa tahap yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian. Produk pengembangan ditinjau oleh 2 orang dosen pembimbing, ahli media, ahli materi, dan 3 orang peer reviewer yang memberikan masukan dan saran untuk merevisi produk. Produk hasil revisi di uji kualitasnya melalui penilaian 5 guru kimia SMA/MA berdasarkan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) telah dihasilkan media chemtoon movie sebagai fungsi kreasi dan inovasi yang berkualitas dan layak sesuai kriteria kualitas media yang telah ditentukan, (2) berdasarkan penilaian oleh 5 guru kimia SMA/MA diperoleh tingkat kualitas media chemtoon movie dengan skor rata-rata 115 dengan presentase keidealan sebesar 85,2% dan mempunyai kategori kualitas sangat baik (SB), sehingga media ini dapat digunakan sebagai media belajar mandiri peserta didik SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 03:14
Last Modified: 29 Jan 2019 20:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16059

Actions (login required)

View Item View Item