PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI GUIDED INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VB SD BAKULAN, JETIS, BANTUL

Esti, Winarsih (2013) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI GUIDED INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VB SD BAKULAN, JETIS, BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
ESTI WINARSIH_09108241078.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran akan bermakna apabila kegiatan belajar didesain untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Hasil observasi di kelas VB SD Bakulan menunjukkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui guided inquiry pada mata pelajaran IPA di kelas VB SD Bakulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Bakulan berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 12 siswa putri. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart (1988). Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat setelah diberi tindakan pembelajaran menggunakan strategi guided inquiry. Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan meningkat setelah pemberian umpan balik dari guru. Keaktifan siswa mengajukan hipotesis meningkat setelah adanya bimbingan dari guru. Keaktifan siswa mengumpulkan data dilakukan dengan pemberian kesempatan untuk memanfaatkan sumber belajar secara maksimal dan mencari berbagai informasi dalam memecahkan masalah. Keaktifan belajar siswa dalam mengolah data meningkat setelah adanya bimbingan serta tambahan waktu yang diberikan oleh guru. Keaktifan siswa dalam memecahkan masalah meningkat setelah pemberian LKS pada masing-masing siswa. Keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan guided inquiry di kelas VB SD Bakulan mengalami peningkatan 25% yaitu dari siklus I sebesar 54,17% (13 siswa) menjadi 79,17% (19 siswa) dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Tindakan dalam penelitian ini dihentikan dan dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan. Kata kunci: keaktifan belajar siswa, guided inquiry

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15961

Actions (login required)

View Item View Item