UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DI KELAS IV SD N PULUHAN SEDAYU BANTUL

Ratri, Widati (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DI KELAS IV SD N PULUHAN SEDAYU BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DI KE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD N Puluhan, Sedayu, Bantul melalui penggunaan media diorama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD N Puluhan, Sedayu, Bantul dengan jumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga bulan Juni 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik kualitatif deskriptif untuk menganalisis hasil observasi dan catatan lapangan. Kuantitatif deskriptif untuk menganalisis hasil penilaian keterampilan menulis karangan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD N Puluhan, Sedayu, Bantul meningkat melalui penggunaan media diorama. Guru mampu menggunakan media diorama sehingga pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Hal itu menyebabkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat. Siswa sangant antusias, aktif bertanya dan aktif menulis. Peningkatan juga terjadi pada jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada kondisi awal sebesar 19,23%, akhir siklus I sebesar 53,85%, dan akhir siklus II sebesar 76,92% mencapai KKM, sedangkan nilai rata-rata pada kondisi awal adalah 63,19, akhir siklus I yaitu 69,34, dan akhir siklus II yaitu 72,73. Kata kunci : keterampilan menulis karangan deskripsi, media diorama, siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15934

Actions (login required)

View Item View Item