PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS DUA KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013

anjany, Anny (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS DUA KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan pembelajaran aktif tipe team quiz terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA kelas V SD Gugus Dua, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan jenis pretest- posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Dua Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo sebanyak 114 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 35 siswa yaitu 17 siswa kelas V SD N Giripeni sebagai kelas eksperimen dan 18 siswa kelas V SD N Sanggrahan sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini adalah angket, tes pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data dan uji t dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA antara kelas eksperimen yang diberi pembelajaran aktif tipe team quiz dan kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional. Hasil rata-rata skor post test motivasi belajar kelas eksperimen 82,24 dan kelas kontrol sebesar 75,94. Hasil rata-rata nilai post test hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 76,18 dan kelas kontrol sebesar 63,89. Kata kunci: Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz, Pembelajaran IPA, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15648

Actions (login required)

View Item View Item