UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL DI KELAS V SD NEGERI CIPETE SELATAN 04 PAGI JAKARTA SELATAN TAHUN 2012/2013

Sabillah, Fadlya (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL DI KELAS V SD NEGERI CIPETE SELATAN 04 PAGI JAKARTA SELATAN TAHUN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FADLYA SABILLAH 08108241007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak melalui penggunaan media animasi audio visual untuk siswa kelas V SD Negeri Cipete Selatan 04 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Taggart dan yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Cipete Selatan 04 Pagi Jakarta Selatan yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menyimak cerita anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan mencari rerata hasil keterampilan menyimak cerita anak setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data atas hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media animasi audio visual dengan prosedur menayangkan cerita anak melalui media animasi audio visual, kemudian menjawab pertanyaan berdasarkan cerita anak tersebut, selanjutnya presentasi hasil menyimak dan diskusi, dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata keterampilan menyimak cerita anak pada kondisi awal sebesar 43,06 meningkat menjadi 70,37 (meningkat sebesar 27,31) pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 90,18 (meningkat sebesar 19,81) pada siklus II. Kata Kunci: keterampilan menyimak, cerita anak, animasi audio visual, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 06:06
Last Modified: 29 Jan 2019 20:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

View Item View Item