UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KOWANGBINANGUN KALASAN SLEMAN

Cahyo, Dodi Nur (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KOWANGBINANGUN KALASAN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS materi menghargai jasa dan peran tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia menggunakan media pembelajaran berbasis komputer pada siswa kelas V SD Negeri Kowangbinangun, Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas VI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kowangbinangun yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal evaluasi dan non tes berupa observasi siswa dan guru. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan materi menghargai jasa dan peran tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Kowangbinangun. Hasil belajar ilmu pengetahuan sosial yang berupa pengetahuan melalui soal evaluasi pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 69,69 dengan jumlah 10 siswa yang mencapai ketuntasan dengan persentase 62,50%. Pada siklus II diperoleh rata-rata kelas 75,63 dengan jumlah 14 siswa mencapai ketuntasan dengan persentase 87,50%. Kata kunci: IPS, hasil belajar, media pembelajaran berbasis komputer

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 20:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15525

Actions (login required)

View Item View Item