Fitri, Nurul Ihsani (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN SENAM IRAMA PADA KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KORIPAN PONCOSARI SRANDAKAN BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
Fitri Nurul Ihsani BARU.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan senam irama pada anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Koripan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelompok A TK ABA Koripan yang berjumlah 19 anak. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan motorik kasar. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi berbentuk checklist dan dokumentasi berupa foto dan video. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir siklus I terlihat bahwa 71,34% (13 anak) sudah tepat dalam melakukan sikap awal senam irama, 69,00% (13 anak) terampil dalam melakukan gerakan lengan, 66,67% (12 anak) terampil dalam melakukan gerakan kaki, dan 61,99% (11 anak) terampil dalam melakukan kombinasi gerakan lengan dan kaki. Sedangkan pada akhir siklus II terlihat bahwa 83,99% (15 anak) sudah tepat dalam melakukan sikap awal senam irama, 83,37% (15 anak) terampil dalam melakukan gerakan lengan, 82,06% (15 anak) terampil dalam melakukan gerakan kaki, dan 82,06% (15 anak) terampil dalam melakukan kombinasi gerakan lengan dan kaki. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan senam irama dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK ABA Koripan. Kata kunci: motorik kasar, senam irama, TK ABA Koripan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 03:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15437 |
Actions (login required)
View Item |