MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD MANGUNAN

Sugiyanto, - (2015) MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD MANGUNAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Skripsi Sugiyanto 09108247075.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan sikap sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Mangunan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tipe kolaboratif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Mangunan yang berjumlah 24 siswa. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan adalah observasi dan angket. Sebelum digunakan dalam penelitian, angket divalidasi secara empirik dan expert judgment. Sementara reliabilitasnya dihitung menggunakan alpha cronbach. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian pratindakan menunjukkan bahwa sikap sosial siswa rendah. Nilai rata-rata sikap sosial kelas baru mencapai 69 dan persentase ketuntasannya adalah 50 %. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang memvariasikan berbagai metode pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 62,50%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)yang disertai pemberian dorongan untuk aktif bertanya, umpan balik, penguatan, pembagian kelompok yang heterogen, dan diselingi dengan permainan pada tindakan siklus II, semakin meningkatkan sikap sosial siswa. Nilai rata-rata sikap sosial kelasnya meningkat menjadi 76 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 78,19%. Kata kunci: sikap sosial, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Dec 2015 05:03
Last Modified: 29 Jan 2019 20:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15242

Actions (login required)

View Item View Item