UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADASISWA KELAS IV SD N BANDARSEDAYU KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG

Dwiana Dyah, Kuntari (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADASISWA KELAS IV SD N BANDARSEDAYU KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS melalui pembelajaran dengan pendekatan lingkungan alam sekitar pada siswa kelas IV SD Negeri Bandarsedayu Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian adalah 16 siswa kelas IV SD Negeri Bandarsedayu yaitu 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen penelitian adalah soal dan lembar observasi. Untuk menentukan validitas instrumen digunakan expert judgement. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75% siswa mencapai KKM sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS kelas IV SD N Bandarsedayu. Pada Siklus I diperoleh rata-rata kelas 64,69, siswa tuntas ada 5 siswa = 31,25% dan belum tuntas 11 = 68,75%. Sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 76,86, siswa yang tuntas 13 = 81,25% dan yang belum tuntas 3 = 18,75%. Kata Kunci :prestasi belajar IPS, Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 19:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14891

Actions (login required)

View Item View Item