PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PAKEM TAHUN AJARAN 2013/2014

Setiawan, Arif Yuhdi (2015) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PAKEM TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2013/2014 (2) Pengaruh Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2013/2014 (3) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 64 Siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar, sedangkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data Prestasi Belajar Siswa. Uji coba instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap 30 siswa diluar subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat Pengaruh positif Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,401 dan koefisien determinasi sebesar 0,161 yang artinya sebesar 16,1% variabel Tingkat Pendidikan Orang Tua mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi. (2) Terdapat Pengaruh positif Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,440 dan koefisien determinasi sebesar 0,194 yang artinya sebesar 19,4% variabel Disiplin Belajar Siswa mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi. (3) Terdapat Pengaruh positif Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,517 dan koefisien determinasi sebesar 0,267 yang artinya sebesar 26,7% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi, sehingga masih tersisa 73,3% dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan garis regresi Y = 1,138X1 + 0,428X2 + 41,113. Kata kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Disiplin Belajar Siswa, Prestasi Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14875

Actions (login required)

View Item View Item