PENGARUH LAMA WAKTU INKUBASI DAN PENAMBAHAN DAGING BUAH PEPAYA (Carica papaya) TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN TERLARUT DALAM KECAP LIMBAH IKAN

SETIAWAN, NOVA (2011) PENGARUH LAMA WAKTU INKUBASI DAN PENAMBAHAN DAGING BUAH PEPAYA (Carica papaya) TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN TERLARUT DALAM KECAP LIMBAH IKAN. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH LAMA WAKTU INKUBASI DAN PENAMBAHAN DAGING BUAH PEPAYA.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi perbandingan berat limbah ikan dan daging buah pepaya, pengaruh variasi waktu inkubasi, pengaruh interaksi antara perbandingan berat limbah ikan dan daging buah pepaya dengan waktu inkubasi terhadap kandungan protein terlarut dan mengetahui perbandingan berat limbah ikan dan daging buah pepaya dengan waktu inkubasi yang menghasilkan nilai uji kesukaan terbaik. Limbah ikan yang digunakan adalah limbah ikan nila yang diperoleh dari pasar Kebonpolo, Magelang dan daging buah pepaya diperoleh dari perkebunan pepaya di Blondo, Magelang. Pelaksanaan penelitian diawali dengan menentukan pH dan suhu optimum enzim papain yang berasal dari daging buah pepaya dan dilanjutkan pembuatan kecap limbah ikan. Pengukuran kandungan protein terlarut dilakukan dengan metode Biuret. Kandungan protein yang diperoleh diuji secara statistik dengan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi 5% dan dilanjutkan dengan uji DMRT. Uji kesukaan rasa kecap limbah ikan dilakukan terhadap 15 orang panelis. Kesimpulan penelitian ini adalah variasi perbandingan berat limbah ikan dan daging buah pepaya dan variasi waktu inkubasi berpengaruh terhadap kandungan protein terlarut kecap limbah ikan. Ada interaksi antara perbandingan berat limbah ikan dan daging buah pepaya dengan waktu inkubasi terhadap kandungan protein terlarut kecap limbah ikan. Nilai uji kesukaan rasa terbaik diperoleh pada kecap limbah ikan dengan perbandingan berat limbah ikan dan daging buah pepaya (b/b) 1:3 dengan waktu inkubasi 6 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 05:31
Last Modified: 29 Jan 2019 19:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14743

Actions (login required)

View Item View Item