PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI MARAH MELALUI TEKNIK EXPRESSIVE WRITING (MENULIS EKSPRESIF) PADA SISWA KELAS XI DISMA NEGERI 2 BANTUL

Yeni Dwi Rejeki, Yeni (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI MARAH MELALUI TEKNIK EXPRESSIVE WRITING (MENULIS EKSPRESIF) PADA SISWA KELAS XI DISMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI Yeni Dwi Rejeki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian didasarkan pada kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bantul yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bantul melalui teknik expressive writing (menulis ekspresif). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model kemmis dan Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus pertama dilaksanakan dengan tiga tindakan, mengungkapkan emosi marah yang sering muncul, mengungkapkan emosi marah yang terkait dengan teman dekat, dan puisi “kemarahan”. Tindakan pada siklus kedua, mengungkapkan emosi marah yang masih terpendam, cara mengekspresikan emosi marah dan menulis surat kepada seseorang yang membuat marah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Bantul yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala kemampuan mengelola emosi marah, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, dan diperkuat dengan analisis data kualitatif (observasi dan wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik expressive writing dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bantul. Peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan hasil skor skala kemampuan mengelola emosi marah dan rata-rata skor pre test 80,70; post test I 95,82; dan post test II 105,88. Hasil tersebut diperkuat dengan wawancara dan observasi yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengelola emosi marah. siswa mampu mengekspresikan emosi marahnya secara tepat, tidak memendam emosi marah secara terus menerus, mampu merefleksikan diri, dan mampu meredakan emosi marah apabila pikiran negatif mulai muncul agar emosi marah tersebut tidak meluap-luap. Selain itu, siswa memiliki motivasi untuk berubah dalam mengungkapkan emosi marah ke arah yang lebih baik lagi. Kata kunci: kemampuan mengelola emosi marah, expressive writing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:57
Last Modified: 29 Jan 2019 19:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14695

Actions (login required)

View Item View Item