PENYUSUNAN BUKU TEKS MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK SISWA SMK PERTANIAN KELAS X BERDASARKAN STANDAR ISI

Fannani, Khaeran Nur (2011) PENYUSUNAN BUKU TEKS MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK SISWA SMK PERTANIAN KELAS X BERDASARKAN STANDAR ISI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.rtf

Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia yang bertujuan menyusun buku teks pelajaran kimia untuk SMK Pertanian kelas X berdasarkan Standar Isi, serta menentukan kualitas buku teks pelajaran kimia hasil penyusunan berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia SMK Pertanian. Buku teks pelajaran disusun secara mandiri oleh peneliti, mencakup lima materi pokok yaitu : 1. Materi dan Perubahannya, 2. Lambang Unsur, Rumus Kimia dan Persamaan reaksi, 3. Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur, 4. Konsep Mol, serta 5. Ikatan Kimia. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh 2 orang dosen pembimbing, 2 orang ahli media, dan 3 orang peer reviewer yang selanjutnya direvisi. Produk hasil revisi dinilai dan diberi masukan oleh 5 orang guru kimia SMK Pertanian (reviewer) di daerah Yogyakarta dan Bantul dengan menggunakan instrumen penilaian buku teks pelajaran kimia. Komponen penilaiannya, yaitu komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan yang dijabarkan menjadi 15 subkomponen berisi 50 butir penilaian. Hasil penilaian berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku teks pelajaran kimia. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang dinilai sehingga diperoeh produk akhir. Hasil penelitian berupa tersusunnya buku teks pelajaran kimia SMK Pertanian Kelas X Berdasarkan Standar isi. Buku teks pelajaran yang disusun mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut penilaian 5 orang guru kimia SMK, dengan skor total rata-rata sebesar 220 dan persentase kualitas ideal sebesar 88,00 %, sehingga layak digunakan sebagai media belajar dan sumber belajar dalam pembelajaran. Adapun skor rata-rata untuk komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan, berturut-turut adalah 63,20; 43,60; 60,20; dan 53,00 dan persentase kualitas ideal untuk keempat komponen berturut-turut adalah 90,29 %; 87,20 %; 86,00 %; 88,33 %. Keempat komponen memiliki kualitas sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 19:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14639

Actions (login required)

View Item View Item