UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE READING GUIDE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 0I TAMBAKREJO PEMALANG JAWA TENGAH

Miftahurroziq, Miftahurroziq (2015) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE READING GUIDE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 0I TAMBAKREJO PEMALANG JAWA TENGAH. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
3. BAB I-V.pdf

Download (955kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Metode Reading Guide pada Siswa Kelas V SD Negeri 0I Tambakrejo Pemalang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa dan objeknya adalah hasil belajar IPS siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada data awal siswa yaitu 53 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 36% dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 67 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 61 % dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 81 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 84%. Selain dari meningkatnya hasil belajar siswa pada hasil belajar di dalam kelas juga ikut mengalami peningkatan. Kata kunci: Hasil belajar IPS, model pembelajaran Reading Guide.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:49
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14422

Actions (login required)

View Item View Item