PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SUDUT UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Arifah, Primaningtyas Nur (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SUDUT UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PRIMANINGTYAS_09313244004_BOOKMARK.pdf

Download (800kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah untuk pembelajaran matematika materi sudut di kelas VII SMP. Perangkat pembelajaran yang disusun diharapkan memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan mengacu pada tiga langkah pengembangan, modifikasi dari model pengembangan Brog & Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri atas langkah-langkah sebagai berikut: 1) studi pendahuluan, dengan melakukan studi pustaka untuk menganalisis kurikulum dan mengkaji perkembangan dan karakteristik siswa SMP, melakukan survei lapangan dan kemudian menyusun draft perangkat pembelajaran; 2) pengembangan produk, dengan menyusun instrumen penilaian perangkat pembelajaran, menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan draft, validasi, serta revisi; 3) uji produk, dengan melakukan uji coba di SMP N 1 Prambanan, Klaten. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian lembar kerja siswa (LKS) oleh ahli materi dan ahli media, lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), angket respon siswa, dan soal tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi sudut untuk siswa kelas VII SMP yang berupa RPP dan LKS. Perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan peneliti ditinjau dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori baik, ditinjau dari aspek kepraktisan termasuk dalam kategori baik, dan ditinjau dari aspek keefektifan termasuk dalam kategori baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi sudut untuk siswa kelas VII SMP yang disusun telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Sebanyak 82,35% siswa merespon positif penggunaan perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah dalam proses pembelajaran. Hasil tes belajar siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pemecahan masalah menunjukkan 75,80% siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, pemecahan masalah, sudut
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:40
Last Modified: 29 Jan 2019 19:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14382

Actions (login required)

View Item View Item