EFEKTIVITAS QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS V DI SD N BANTENG HARGOBINANGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

Isnawati Nur, Azizah (2014) EFEKTIVITAS QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS V DI SD N BANTENG HARGOBINANGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Isnawati Nur Azizah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Quantum Learning pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental dengan desain One group pretest-posttest. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kecerdasan emosi, variabel bebasnya adalah Quantum Learning. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Banteng yang berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan skala kecerdasan emosi. Rumus teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sample T-Test untuk menguji hipotesis yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian berdasarkan uji t pada taraf signifikansi 5% (0,05) dapat diketahui bahwa nilai signifikansi atau probabilitasnya adalah 0,00. Oleh sebab itu, dapat dilihat bahwa p < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas V di SD N Banteng. Kata kunci : Mata Pelajaran IPS, Quantum Learning, Kecerdasan Emosi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:49
Last Modified: 29 Jan 2019 19:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14352

Actions (login required)

View Item View Item