PENGGUNAAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS III A SDN NOGOPURO, SLEMAN

Nafiah Nurul, Ratnaningsih (2014) PENGGUNAAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS III A SDN NOGOPURO, SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Nafiah Nurul Ratnaningsih_09108241025.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III A SDN Nogopuro, Sleman dengan menggunakan permainan ular tangga. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi dan lembar observasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas III A SDN Nogopuro, sedangkan objek penelitian tindakan kelas ini adalah motivasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ular tangga yang dilakukan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS selama dua siklus. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan persentase rata-rata motivasi belajar dari pratindakan yaitu 62,96% menjadi 73,89% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 85,74%. Kata kunci: permainan ular tangga, motivasi belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14296

Actions (login required)

View Item View Item