Yulisa Nur, Filiani (2015) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA, DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER 1 PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO TAHUN AJARAN 2013/2014 DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X Semester 1 Program Keahlian Teknik Audio Video Tahun ajaran 2013/2014 di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Semester 1 Program Keahlian Teknik Audio Video Tahun ajaran 2013/2014 di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Semester 1 Program Keahlian Teknik Audio Video Tahun ajaran 2013/2014 di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (4) pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua,disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Semester 1 Program Keahlian Teknik Audio Video Tahun ajaran 2013/2014 di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Pengumpulan data dilakukan kepada 61 responden. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, konversi data menggunakan metode successive interval, uji linieritas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda 3 prediktor. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh positif tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,569, dan koefisien determinasi sebesar (32,4%), (2)terdapat pengaruh positif disiplin belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,758, dan koefisien determinasi sebesar (57.4%), (3) terdapat pengaruh positif motivasi belajar dengan prestasi belajar yang ditunjukkan terhadap koefisien korelasi (rx3y)sebesar 0,888, dan koefisien determinasi sebesar (78.8%), (4) terdapat pengaruh positif tingkat pendidikan formal orang tua, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.913, dan koefisien determinasi sebesar (83.4%). tingkat pendidikan formal orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 0.990%, disiplin belajar siswa sebesar 33.877%, dan motivasi belajar sebesar 65.113% terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci : tingat pendidikan formal orang tua, disiplin belajar, motivasi belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Admin Pendidikan Elektronika FT |
Date Deposited: | 25 Mar 2015 06:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14107 |
Actions (login required)
View Item |