Riki Agustri, Winarni (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MENGGUNAKAN ALAT PERAGA WAYANG PERCA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANG CEGAK KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (90MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan proses pembelajaran menyimak cerita rakyat siswa kelas V SD Negeri 1 Karang Cegak tahun pelajaran 2013/2014 menggunakan alat peraga wayang perca, dan 2) meningkatkan hasil belajar kemampuan menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karang Cegak tahun pelajaran 2013/2014 menggunakan alat peraga wayang perca. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karang Cegak yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini yaitu kemampuan siswa dalam menyimak cerita rakyat. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman penilaian tes, lembar wawancara dan kamera. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan penggunaan alat peraga wayang perca dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SD N 1 Karang Cegak. Peningkatan ditandai dengan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, antusiasme dan semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menyimak cerita rakyat lebih meningkat, keaktifan siswa selama mengikuti proses pembelajaran juga semakin meningkat, konsentrasi dan perhatian siswa lebih terfokus, siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat. Peningkatan juga dilihat dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan hasil tes kemampuan menyimak cerita rakyat. Rata-rata hasil tes pada pra tindakan yaitu 66,7, siklus I yaitu 78,70, dan siklus II yaitu 82,3. Hasil tersebut menunjukan peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sebesar 12 dan dari siklus I ke siklus II sebersar 3,6. Ketuntasan nilai yang dicapai, yaitu pada pra tindakan 37,03% meningkat pada siklus I menjadi 70,3% dan siklus II menjadi 81,48%. Kata kunci: kemampuan menyimak, alat peraga wayang perca
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 01:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14045 |
Actions (login required)
View Item |