PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA TEMA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS II SD NEGERI PERUMNAS 3 DEPOK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mar Atul, Mukaromah (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA TEMA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS II SD NEGERI PERUMNAS 3 DEPOK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mar Atul Mukaromah - NIM 10108247104 .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II SD Negeri Perumnas 3 Depok melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada tema lingkungan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Perumnas 3 Depok, Sleman yang berjumlah 22 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Validasi instrument penelitian menggunakan expert judgement. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ditandai adanya aktivitas siswa dalam merumuskan masalah, bertanya, diskusi, mengajukan gagasan, menentukan hipotesis, dan penyimpulannya. Selain itu meningkatnya hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu 70 dengan persentase minimal 75% dari keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada tema lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Perumnas 3 Depok. Hal ini dibuktikan ada aktivitas siswa dalam merumuskan masalah, mau bertanya, berdiskusi, mengajukan gagasan, menentukan hipotesis, dan menyimpulkan apa yang telah dipelajari. Selain itu hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pra tindakan 40,91% pada siklus I menjadi 72,73% dan pada siklus II menjadi 86,36% dengan nilai rata-rata siswa pada pra tindakan sebesar 52,5 pada siklus I menjadi 62,05 dan pada siklus II menjadi 70,23. Kata kunci: strategi pembelajaran inkuiri, hasil belajar IPS, kelas II SD Negeri Perumnas 3 Depok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:32
Last Modified: 29 Jan 2019 19:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13906

Actions (login required)

View Item View Item