IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN INTEGRASI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SD JUARA KOTA YOGYAKARTA

Mahliga, Pratiwindyanti (2014) IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN INTEGRASI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SD JUARA KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Mahliga Pratiwindyanti_09108241027.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi desain pembelajaran integrasi budaya dan karakter bangsa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Juara Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik atau pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan pada 8 November 2013 sampai tanggal 07 Desember 2013 dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dokumen dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisa dokumen silabus dan RPP sebagai dimensi perencanaan desain pembelajaran. Untuk mengetahui penerapan desain pembelajaran, penelitian dilakukan melalui pengamatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dilakukan selama 3 (tiga) pertemuan, yaitu pada tanggal 12, 16, dan 26 November 2013. Untuk triangulasi data, maka dilakukan wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas V, dan sebagian siswa kelas V melalui Focus Group Discussion. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penyusunan silabus dan RPP sebagai dimensi perencanaan desain pembelajaran telah dapat mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penambahan komponen Iman dan Taqwa (IMTAQ) dalam silabus dan RPP serta terdapatnya pengidentifikasian jenis kecerdasan siswa dalam RPP yang dijadikan sebagai dasar penyusunan kegiatan pembelajaran. (2) Guru telah mampu menerapkan desain pembelajaran integrasi budaya dan karakter bangsa sebagai wujud dimensi pelaksanaan atas perencanaan yang telah disusun. Hal ini terlihat dari usaha guru dalam menanamkan nilai-nilai IMTAQ melalui kegiatan refleksi yang merupakan dasar bagi pengembangan nilai-nilai karakter secara umum. Prinsip EEK telah mampu diterapkan oleh guru walaupun tidak terencana secara terperinci dalam RPP. (3) Keanekaragaman karakter dan jenis kecerdasan siswa merupakan kendala guru dalam penyusunan desain pembelajaran integrasi budaya dan karakter bangsa sehingga guru dituntut untuk mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif. (4) Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan desain pembelajaran adalah terdapatnya kesenjangan penerapan nilai-nilai antara di sekolah dan di kehidupan sehari-hari siswa sehingga sekolah mengadakan program Parenting School sebagai sarana untuk mensosialisasikan nilai-nilai. Kata kunci: Desain pembelajaran integrasi budaya dan karakter bangsa, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item