PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA MATERI PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V DI SDN PUNDUNG, GIRIREJO, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA

Kusprimanto, - (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA MATERI PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V DI SDN PUNDUNG, GIRIREJO, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA MATERI PENCER.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif IPA materi pencernaan pada manusia yang layak digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas V di SDN Pundung Girirejo, Imogiri, Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, analisis pebelajar dan konteks, tujuan umum dan khusus, mengembangkan instrumen assessment, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, dan melakukan evaluasi formatif yaitu: (a) uji coba bahan secara perorangan dengan melibatkan tiga orang siswa, (b) uji coba kelompok kecil dengan melibatkan enam orang siswa dan (c) uji coba kelompok besar dengan melibatkan dua puluh delapan orang siswa. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas V SDN Pundung, Girirejo, Imogiri, Bantul. Data dikumpulkan melalui angket pada saat uji coba. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran materi pencernaan pada manusia termasuk kategori “sangat baik” ditinjau dari aspek tampilan dan aspek content. Aspek tampilan merupakan penilaian dari segi desain, bentuk dan pewarnaan, sedangkan aspek content merupakan penilaian dari segi kesesuaian materi yang disajikan dengan kurikulum, kompetensi, dan karakteristik siswa kelas V SD. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek tampilan termasuk kategori “baik” dengan rata-rata skor 4,00 dan hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa aspek content termasuk kategori “baik” dengan rata-rata skor 4,10. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa media memiliki kreteria “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,25. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka media pembelajaran materi pencernaan pada manusia layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di SDN Pundung, Girirejo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Kata kunci: Media pembelajaran, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 01:06
Last Modified: 29 Jan 2019 19:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13751

Actions (login required)

View Item View Item