Husada, Novian (2015) Perkembangan Transportasi Kereta Api Masa Orde Baru Tahun 1966-1990. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
Skripsi 10406244028 Novian Husada.swf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk menganalisis tentang perkembangan transportasi kereta api di Indonesia pada masa pemerintahan Orde Baru tahun 1966-1990. Aspek-aspek yang dibahas dalam skripsi ini meliputi perkembangan transportasi darat khususnya kereta api yang ada di Indonesia pada masa pemerintahan Orde Baru. Khususnya pada saat dikelola oleh PNKA dan PJKA (1966-1990). Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metodologi sejarah kritis yang ditulis oleh Kuntowijoyo. Metode tersebut meliputi pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi dan historiografi atau penulisan sejarah. Sumber data yang digunakan terdiri dari buku, arsip, dan dokumen pendukung. Melalui penelitian yang dilakukan oleh penulis diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kelahiran pemerintahan orde baru dipengaruhi oleh peristiwa gerakan 30 September dan Supersemar. Pemerintahan orde baru mulai menjalankan pemerintahan dengan program Pembangunan Lima Tahun. Pembangunan disektor ekonomi sangat diperhatikan dengan memajukan sarana dan prasarana perhubungan dan transportasi yaitu jalan dan angkutan. Pembahasan tersebut berguna untuk menganalisis perkembangan secara umum angkutan darat pada masa pemerintahan Orde Baru. (2) Perkembangan transportasi kereta api di Indonesia pada masa PNKA (1963-1970) adalah adanya pembentukan perusahaan pengelolaan, rehabilitasi jalan kereta api, sarana dan prasarana, serta laba perusahaan sedangkan pada masa awal Orde Baru, saat dikelola PJKA (1971-1990) membahas dari awal mula pembentukan perusahaan kereta api di Indonesia, serta pengelolaan. (3) Masalah yang dialami pada saat dikelola oleh PNKA tahun 1963-1970 mencakup permasalahan kepegawaian akibat konflik Gerakan 30 September serta kecelakaan dan pengeluaran dan pendapatan perusahaan, sedangakan saat dikelola oleh PJKA (1971-1990) yaitu adanya persaingan dengan angkutan jalan raya, adanya kecelakaan kereta api yang membuat sarana dan prasarana rusak dan permasalahan pengeluaran dan pendapatan perusahaan. Hingga sekarang permasalahan tersebut masih merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia untuk menciptakan transportasi angkutan kereta api yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Kata Kunci: Orde Baru, Transportasi, Kereta Api
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Umum Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Modern |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 24 Mar 2015 01:10 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13709 |
Actions (login required)
View Item |