PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DILEM GUNUNGKIDUL

Murni, Siamsih (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DILEM GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Murni Siamsih.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS dan mengetahui proses pembelajaran IPS dengan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri Dilem Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Dilem Gunungkidul yang berjumlah 11 siswa. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar IPS dan pedoman observasi. Reliabilitas tes prestasi belajar IPS untuk siklus I sebesar 0,91 dan siklus II sebesar 0,88 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dalam dua pertemuan. Tindakan siklus I yaitu penjelasan materi dengan media audio visual, sedangkan tindakan siklus II yaitu penjelasan materi dengan audio visual dan pengisian lembar kreatif siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi awal prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Dilem Gunungkidul tergolong rendah yang terbukti data hasil Ulangan Tengah Semester Genap 2013/2014 pada siswa kelas V SD Negeri Dilem memiliki nilai rata-rata 62,91 dan hanya terdapat tiga siswa yang sudah tuntas KKM. Hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata 50,20 dan hanya 4 siswa yang sudah tuntas KKM. (2) Pada siklus I siswa diberi tindakan melalui penjelasan materi dengan media audio visual sehingga prestasi belajar IPS mengalami peningkatan. Hal ini diketahui berdasarkan rata-rata hasil nilai post-test siklus I adalah 73,14 dan ada 8 siswa yang sudah tuntas KKM. Pada siklus II siswa diberikan tindakan melalui penjelasan materi dengan media audio visual dan pengisian lembar kreatif siswa. Setelah tindakan pada siklus II rata-rata hasil nilai post-test siklus II meningkat menjadi 81,40 dan semua siswa sudah mencapai tuntas KKM. (3) Observasi pada saat pelaksanaan tindakan, proses pembelajaran IPS terlihat siswa lebih fokus mengikuti pelajaran dan memperhatikan penjelasan guru, serta siswa sudah berani bertanya pada guru tentang hal yang belum dimengerti pada siklus I. Observasi selanjutnya siswa menunjukkan antusias tinggi ketika dijelaskan dengan media audio visual pada pelaksanaan tindakan siklus II. Kata kunci: prestasi belajar IPS, media audio visual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13395

Actions (login required)

View Item View Item