Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Karakter pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis: Studi Kasus di SMP 2 Bantul

Widyaningsih, Titik Sunarti (2014) Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Karakter pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis: Studi Kasus di SMP 2 Bantul. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-titik-sunarti-wididyanigsih-09703261013.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasikan nilai-nilai karakter yang difasilitasi sekolah untuk diinternalisasikan dalam diri siswa, (2) mengetahui proses internalisasi nilai karakter pada diri siswa, dan (3) mengidentifikasikan nilai-nilai karakter yang telah diaktualisasikan siswa dalam perilaku sehari-hari. Paradigma penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi grounded. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di SMP Negeri 2 Bantul. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive dan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada langkah-langkah analisis data yang dikemukakan oleh Egan (2009:281) sebagai berikut: (1) pengkodean data awal, (2) aplikasi berkelanjutan dari pengkodean, (3) membandingkan dan merevisi kode, (4) memeriksa kategori yang berkembang, (5) membentuk kategori, (6) menerapkan dan memodifikasi data kategori dan sifat-sifatnya, (7) penilaian berdasarkan tingkat “pentingnya” kategori dan sifat-sidatnya, (8) klarifikasi konsep yang dikembangkan, dan (8) menggambarkan dan menjelaskan alasan analitis dari proses penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang difasilitasi oleh sekolah untuk diinternalisasikan dalam diri siswa SMP 2 Bantul adalah nilai religius, kejujuran, tanggung jawab, kesopanan, saling menghargai, peduli pada lingkungan dan cinta tanah air. Proses internalisasi nilai-nilai karakter pada diri siswa SMP 2 Bantul dilakukan melalui lima tahapan yaitu: (1) proses penerimaan nilai, (2) proses merespon nilai, (3) proses seleksi nilai, (4) proses penghayatan nilai, dan (5) proses penerapan nilai. Nilai-nilai karakter yang telah diaktualisasikan dalam perilaku sehari-hari siswa di SMP 2 Bantul adalah nilai religius, kejujuran, tanggung jawab, kesopanan, saling menghargai, dan peduli pada lingkungan. Nilai karakter yang tidak teraktualisasi pada perilaku peserta didik adalah nilai cinta tanah air. Ada dua faktor yang menyebabkan nilai cinta tanah air tidak teraktualisasi, yaitu faktor lingkungan internal berupa kurang optimalnya metode fasilitasi, dan faktor lingkungan eksternal berupa banyaknya kasus tindak pidana kriminal yang dilakukan oleh para pejabat negara

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Aktualisasi, Nilai-Nilai Karakter
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 09 May 2019 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13390

Actions (login required)

View Item View Item