Pesantren Inklusif Berbasis Kearifan Lokal: Studi Etnografi Pesantren Tebuireng Jombang

Maarif, Syamsul (2014) Pesantren Inklusif Berbasis Kearifan Lokal: Studi Etnografi Pesantren Tebuireng Jombang. S3 thesis, UNY.

[img] Text
abstrak-syamsul-maarif.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: (1) mengerti akar, dinamika, dan inspirator inklusivisme Pesantren Tebuireng; (2) mengungkap filosofi dan paradigma pesantren inklusif berbasis budaya dan kearifan lokal di Pesantren Tebuireng; (3) mengetahui nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang dikembangkan dan ditransmisikan Pesantren Tebuireng kepada santri/masyarakat; (4) mengidentifikasi berbagai usaha yang dilakukan pesantren inklusif berbasis budaya dan kearifan lokal dalam melakukan modernisasi dan membangun harmoni; dan (5) memahami langkah-langkah pesantren inklusif berbasis budaya dan kearifan lokal dalam mengeliminasi kekerasan dan konflik agama. Studi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dan metode thick description. Waktu penelitian dilaksanakan pada tahun 2012-2014 dan tempat penelitian ini adalah Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur. Teknik pengumpulan datanya didasarkan pada teknik alur penelitian maju bertahap. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) teknik observasi-partisipan; (2) teknik interview; dan (3) teknik dokumentasi. Teknik triangulasi digunakan untuk memperoleh derajat kepercayaan dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis domain dengan bantuan filsafat analisis. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa akar dan inspirator inklusivisme Pesantren Tebuireng berasal dari ajaran Mbah Hasyim Asy’ari, kemudian dilanjutkan oleh para pengasuh Pesantren Tebuireng dengan berbagai dinamikanya. Filosofi dan paradigma pesantren inklusif Tebuireng adalah al-muhafazhatu ‘ala al-qadimi al-shalih wa al-akhdzu bi al-jadidi al-ashlah. Nilai budaya dan kearifan lokal yang ditransmisikan Pesantren Tebuireng adalah: memperkuat sillaturrahim dan mencairkan eksklusifisme, mensosialisasikan tasamuh dan membangun harmoni, ukhuwwah dan solidaritas kemanusiaan, ta’awun dan kepedulian sosial, dan jujur serta ikhlas. Nilai dan budaya tersebut ditransmisikan kepada para santri/masyarakat melalui berbagai model, di antaranya: (1) oral history; (2) pengajaran kitab kuning; dan (3) memperkenalkan nilai-nilai toleransi dan sikap penghormatan dengan agama lain melalui integrasi pada kurikulum/hidden curriculum dan berbagai program sekolah/pesantren. Berbagai usaha “modernisasi” yang dilakukan Tebuireng adalah membentuk sekolah formal, pendidikan buat wanita, strategi/metode pembelajaran aktif, penerapan manajemen modern, pendirian perpustakaan dengan berbagai sumber dan berbahasa Arab/Inggris, sarana dan prasarana modern serta bekerjasama dengan berbagai lembaga. Selain itu, untuk membangun harmoni dan mengeliminasi konflik, Tebuireng membentuk lima karakter yang digali dari pemikiran Mbah Hasyim Asy’ari, terutama sekali melalui konsep tasamuh, semangat cinta tanah air/nasionalisme, dan patriotisme. Sedangkan langkah-langkah yang digunakan dalam mengeliminasi konflik di antaranya adalah senantiasa mendorong para santri untuk ikut menyikapi masalah-masalah aktual seperti penistaan agama yang selalu berakhir kekerasan. Meskipun begitu, terdapat beberapa kelemahan penelitian ini, di antaranya peneliti tidak secara detail dan komprehensif mengeksplorasi seluruh budaya dan nilai-nilai kearifan lokal Pesantren Tebuireng. Salah satu rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah perlu secara detail dan komprehensif mengeksplorasi seluruh budaya dan nilai-nilai kearifan lokal Pesantren Tebuireng serta menfokuskan implementasinya pada masing-masing unit pendidikannya

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: etnografi, Pesantren inklusif, kearifan lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 19 Jan 2022 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13372

Actions (login required)

View Item View Item