UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-20 MENGGUNAKAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ABA PANDEAN SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Temy, Qurniawati (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-20 MENGGUNAKAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ABA PANDEAN SEWON BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Temy Qurniawati.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membilang 1-20 secara urut mengunakan kartu angka pada anak kelompok B2 di TK ABA Pandean di Dusun Pandean Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Kartu angka dalam penelitian ini adalah kartu bertuliskan angka 1 sampai dengan angka 20, yang terbuat dari kertas lipat dan dari kardus tebal serta berbentuk persegi panjang dengan ukuran 10×15 cm. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B2 di TK ABA Pandean, yang terdiri dari 30 anak dengan 14 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Tindakan berupa pembelajaran kemampuan membilang 1-20 menggunakan kartu angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang pada anak kelompok B2 di TK ABA Pandean Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta dapat ditingkatkan melalui media kartu angka. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membilang dicapai anak kelompok B2, yaitu pada pratindakan kemampuan membilang anak kelompok B2 mencapai skor 56 (46,7%) dengan kriteria cukup. Pada Siklus I mencapai skor 87 (72,5%) dengan kriteria baik dan pada Siklus II mencapai skor 112 (93,3%) dengan kriteria sangat baik. Langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan membilang 1-20 menggunakan kartu angka, yaitu (1) mengenalkan kartu angka, (2) mendemonstrasikan tata cara membilang menggunakan kartu angka, (3) anak melakukan kegiatan membilang 1-20 menggunakan kartu angka yang diurutkan di atas meja, (4) anak membilang secara berkelompok untuk meningkatkan kemampuan membilang, (5) anak berlomba, sekali main dua anak, dilakukan di halaman sekolah dalam kegiatan membilang 1-20 dengan cara mengurutkan kartu angka di atas meja, (6) anak menceritakan pengalaman saat bermain kartu angka dalam kegiatan membilang 1-20. Kata kunci: kemampuan membilang, kartu angka, anak kelompok B2

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10111247014
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 19:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13201

Actions (login required)

View Item View Item