PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK UBAH CATATAN HARIAN PADA SISWA KELAS X D SMA NEGERI I BANGUNTAPAN BANTUL

Sri Wahyuni Darmayanti (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK UBAH CATATAN HARIAN PADA SISWA KELAS X D SMA NEGERI I BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sri_Wahyuni_D.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningka tkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik ubah catatan harian pada siswa kelas X D SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X D SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul yang be rjumlah 32 siswa. Model yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan penelitian ada empat tahap yaitu, perencanaan, pela ksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan angket, obser vasi, catatan lapangan, tes menulis puisi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dite ntukan berdasarkan proses dan produk. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, penggunaan teknik ubah catatan harian mampu me ningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Siklus I, siswa dikenai tindakan dengan menggunakan teknik ubah catatan harian, yang disiapkan oleh peneliti dan guru kolabolator untuk menulis puisi. Siklus II, siswa dikenai tindakan dengan teknik ubah catatan harian, dengan pengalaman pribadi berbeda yang ditu lis oleh siswa dalam buku hariannya. Dengan praktik menulis puisi pada siklus II, aktivitas dan situasi kegiatan pembelajaran keterampilan menulis puisi meningkat lebih baik dan mencapai kriteria keberhasilan. Kedua, pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik ubah catatan harian ini dapat me ningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Hal ini terlihat dari skor rata-rata keterampilan menulis puisi siswa sebelum dikenai tindakan adalah 21,06, pada siklus I 24,68, dan setelah dikenai tindakan pada akhir siklus II skor rata-rata menjadi 27,47. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 6,41. Skor rata-rata diperoleh dengan skor setiap aspek yang telah ditentukan. Kemampuan menulis puisi siswa dikatakan rendah apabila skor < 25, dikatakan sedang atau cukup apabila skor rata-rata menulis puisi 25-30, dan dikatakan tinggi apabila mencapai skor rata-rata 30-35. Secara keseluruhan pada akhir siklus II ini semua aspek dan kriteria menulis puisi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dari hasil penelitian di atas diketahui bahwa pe nggunaan teknik ubah catatan hari an ini dinilai berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menu lis puisi siswa kelas X D SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 07:15
Last Modified: 29 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item