Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru, Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Berprestasi, dan Kelengkapan Sarana dan Prasarana terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan Siswa SMK di Kabupaten Sleman

Ramadhan, Arwan Nur (2015) Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru, Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Berprestasi, dan Kelengkapan Sarana dan Prasarana terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan Siswa SMK di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arwan nur ramadhan-2702251044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) persepsi siswa tentang kompetensi mengajar guru, pola asuh orang tua, motivasi berprestasi peserta didik, kelengkapan sarana dan prasarana praktik, dan prestasi belajar teori kejuruan peserta didik; dan (2) pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi mengajar guru, pola asuh orang tua, motivasi berprestasi peserta didik, dan kelengkapan sarana dan prasarana praktik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar teori kejuruan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post-facto yang dilaksanakan di empat SMK di Kabupaten Sleman. Populasi penelitian berjumlah 205 siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan tahun pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling, menggunakan tabel Krejcie & Morgan. Data variabel bebas diperoleh dengan angket dan data variabel terikat diperoleh dengan tes teori kejuruan. Validitas instrumen variabel bebas diketahui berdasarkan penilaian pakar dan analisis butir berdasarkan data empirik. Validitas instrumen variabel terikat diketahui berdasarkan analisis tingkat kesukaran, daya beda, dan keberfungsian distraktor. Reliabilitas diketahui berdasarkan nilai koefisien Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut peserta didik: (1) kompetensi mengajar guru sangat tinggi, pola asuh orang tua rendah, motivasi berprestasi peserta didik rendah, kelengkapan sarana dan prasarana praktik sangat rendah, dan prestasi belajar teori kejuruan peserta didik sangat rendah; (2) kompetensi mengajar guru, pola asuh orang tua, motivasi berprestasi peserta didik, dan kelengkapan sarana dan prasarana praktik masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar teori peserta didik; dan kompetensi mengajar guru, pola asuh orang tua, motivasi berprestasi peserta didik, dan kelengkapan sarana dan prasarana praktik berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar teori kejuruan peserta didik dengan sumbangan sebesar 50,3% sedangkan sisanya 49.7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi mengajar guru, pola asuh orang tua, motivasi berprestasi peserta didik, kelengkapan sarana dan prasarana praktik, prestasi belajar teori kejuruan, teknik komputer dan jaringan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 08 Sep 2022 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13109

Actions (login required)

View Item View Item