Wicaksono, Arief Budi (2014) Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Purworejo. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-arief-budi-wicaksono-12709251029.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan open-ended dan CTL, dan mendeskripsikan perbandingan keefektifan pendekatan open-ended dan CTL dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Purworejo yang terdiri atas enam kelas. Kelas VIIIE dan VIIIF dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas VIIIE diberi perlakuan dengan pendekatan open-ended dan kelas VIIIF diberi perlakuan dengan pendekatan CTL. Instrumen yang digunakan berupa tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi belajar matematika siswa. Untuk menguji keefektifan pendekatan open-ended dan CTL, data dianalisis dengan menggunakan uji one sample t-test. Selanjutnya, untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended dan CTL, data dianalisis dengan menggunakan MANOVA yang kemudian dilanjutkan dengan uji t-Benferroni untuk menentukan pendekatan yang lebih efektif. Hasil penelitian dengan α 5% menunjukkan bahwa pendekatan open-ended dan CTL efektif, dan pendekatan CTL lebih efektif daripada pendekatan open-ended dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Purworejo.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Open-Ended, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:44 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |