Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Karakter dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Kasihan

Surahmi, Surahmi (2014) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Karakter dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Kasihan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-surahmi-11708251022.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Tipe Jigsaw terhadap: (1) karakter, dan (2) motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Kasihan DI Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Kasihan DI Yogyakarta pada semester kedua Tahun ajaran 2012/2013. Sampel dipilih dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan dengan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw. Pembelajaran dikenakan pada konsep asam basa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan observasi. Teknik observasi dilakukan untuk mendukung data hasil angket. Motivasi belajar siswa terdiri dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Karakter siswa meliputi 13 aspek yaitu toleransi, kreatif, disiplin, kerjakeras, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab, jujur, mandiri, dan menghargai prestasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji non parametrik dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar siswa dengan pembelajaran STAD dan Jigsaw. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe Jigsaw pada konsep asam basa terhadap: (1) karakter, (2) motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Kasihan DI Yogyakarta. Namun demikian, ada pengaruh yang signifikan terhadap motivasi ekstrinsik antara pembelajaran STAD dan Jigsaw, yang akhir lebih besar pengaruhnya daripada yang awal

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, student teams Achievement Division (STAD)jigsaw, karakter, motivasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12824

Actions (login required)

View Item View Item