Wulanda, Mastarita Nova (2014) Pengembangan Lesson Plan Berbasis Multiple Intelligences pada Pembelajaran Kimia Kelas X SMA/MA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Peserta Didik. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-mastarita-nova-12708251024.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengembangan lesson plan berbasis multiple intelligences pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang sesuai dengan model pengembangan 4-D, (2) kelayakan lesson plan berbasis multiple intelligences untuk materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dikembangkan, (3) respon peserta didik terhadap implementasi lesson plan berbasis multiple intelligences, dan (4) pengaruh penerapan lesson plan berbasis multiple intelligences terhadap pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model 4-D. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga dari empat tahap penelitian dan pengembangan model 4-D, yaitu define, design, dan develop. Pada tahap define dilakukan analisis pembelajaran kimia di kelas, analisis karakteristik peserta didik berupa tes penjajakan multiple intelligences dan analisis kompetensi materi kimia. Tahap design dimulai dengan penyusunan lesson plan disesuaikan dengan kecerdasan peserta didik yang akan dikembangkan dan pemilihan format perangkat yang dikembangkan. Tahap develop dimulai dengan pembuatan lesson plan yang kemudian divalidasi produk oleh ahli, guru kimia dan peer reviewer dilanjutkan dengan ujicoba terbatas dan ujicoba lapangan serta revisi produk berdasarkan masukan dari hasil penilaian. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Yogyakarta II. Data dikumpulkan melalui tes penjajakan multiple intelligence, angket validasi lesson plan, lembar angket dan observasi kreativitas, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan lesson plan berbasis multiple intelligences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dilengkapi lembar kerja peserta didik, media pembelajaran, lembar penilaian dan tes hasil belajar. Pengembangan lesson plan berbasis multiple intelligences sudah sesuai dengan model pengembangan 4-D. Hasil validasi menunjukkan lesson plan berbasis multiple intelligences yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran kimia dengan kategori sangat baik, respon peserta didik terhadap implementasi lesson plan yang dikembangkan memberikan respon yang baik, dan berdasarkan hasil uji MANOVA, lesson plan berbasis multiple intelligences yang dikembangkan dapat meningkatkan kreativitas peserta didik namun belum dapat meningkatkan pemahaman konsep kimia dengan baik
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lesson plan, multiple intelligences, pemahaman konsep, kreativitas |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:44 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12745 |
Actions (login required)
View Item |