Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Gelombang Bunyi dan Pendengaran untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP

Rahmawati, Laifa (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Gelombang Bunyi dan Pendengaran untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-laifa-rahmawati-12708251017.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) kelayakan media pembelajaran berbasis komputer pada materi gelombang bunyi dan pendengaran untuk mendukung kemandirian belajar dan peningkatan hasil belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam, (2) dukungan media hasil pengembangan terhadap kemandirian belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam, (3) dukungan media hasil pengembangan terhadap peningkatan hasil belajar aspek kognitif siswa SMPIT Alam Nurul, dan (4) dukungan media hasil pengembangan terhadap peningkatan hasil belajar aspek kemampuan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan pada siswa SMPIT Alam Nurul Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan yang diadapatasi dari model pengembangan menurut Borg & Gall. Secara garis besar, penelitian dilakukan pada lima tahap utama, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain pembelajaran, (3) pengembangan media, (4) validasi, revisi, dan uji coba produk, dan (5) diseminasi terbatas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar penilaian oleh validator, lembar tanggapan siswa tentang dukungan media terhadap kemandirian belajar, dan soal pretest-postest aspek kognitif dan aspek kemampuan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan (5M). Penilaian hasil belajar aspek kognitif dan aspek kemampuan 5M dilakukan pada siswa kelas VIII SMPIT Alam Nurul Islam dengan desain one-group pretest-postest yang kemudian dianalisis berdasarkan analisis selisih skor (gain score). Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berbasis komputer pada materi gelombang bunyi dan pendengaran. Dari hasil tahapan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) produk media pembelajaran gelombang bunyi dan pendengaran layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil penilaian yang menunjukkan kategori sangat baik, (2) media hasil pengembangan mendukung kemandirian belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam, (3) penggunaan media pembelajaran hasil pengembangan mendukung peningkatan hasil belajar aspek kognitif siswa dalam memahami materi gelombang bunyi dan pendengaran, dan (4) penggunaan media pembelajaran hasil pengembangan mendukung peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kemampuan 5M

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran,gelombang bunyi, pendengaran, kemandirian belajar, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item View Item