Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah pada Siswa SMP

Puspitasari, Ariati Dina (2014) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah pada Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ariati-dina-puspitasari-12708251029.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry yang layak untuk siswa SMP, (2) mengetahui peningkatan literasi sains siswa SMP setelah menggunakan modul, serta (3) mengetahui peningkatan sikap ilmiah siswa SMP setelah menggunakan modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah tersebut meliputi Studi literatur dan observasi lapangan, merancang penelitian, merancang instrumen, validasi ahli, revisi instrumen berdasarkan saran validator, uji coba terbatas, revisi instrumen berdasarkan hasil uji coba terbatas, uji coba lapangan, revisi instrumen hasil uji coba lapangan yang merupakan produk akhir. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, tes yang berupa soal literasi sains dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dan memiliki kualitas sangat baik berdasarkan penilaian validator ahli, guru IPA dan teman sejawat. Respon siswa terhadap modul tersebut juga termasuk dalam kategori sangat baik, (2) modul yang dikembangkan dapat meningkatkan literasi sains siswa dengan nilai gain score 0,74 yang termasuk kategori tinggi, serta (3) modul yang dikembangkan dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa dengan nilai gain score 0,45 yang termasuk kategori sedang

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, guided inquiry, literasi sains, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12647

Actions (login required)

View Item View Item