Performance Assessment Keterampilan Proses Sains Pokok Bahasan Ekosistem Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Bantul

Maryam, Andi (2014) Performance Assessment Keterampilan Proses Sains Pokok Bahasan Ekosistem Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andi-maryam-12708251011.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengungkap performance assessment keterampilan proses sains pokok bahasan Ekosistem mata pelajaran IPA kelas VII yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri Kabupaten Bantul, serta mengetahui implementasinya berdasarkan pernyataan siswa selama mereka mengikuti pembelajaran. Fokus penelitian dalam konteks assessment for learning dengan melakukan pengukuran kemampuan siswa melalui tes uraian nonobjektif, dan mengetahui gagasan guru mengenai sistem pembelajaran selanjutnya. Subjek atau responden penelitian adalah guru dan siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantul yang berasal dari 45 sekolah. Responden guru adalah guru mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul (48 orang). Sampel siswa untuk mengisi kuesioner implementasi performance assessment keterampilan proses sains sebanyak 305 siswa ditentukan dengan teknik quota sampling. Sampel siswa untuk pengukuran kemampuan keterampilan proses sains sebanyak 278 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performance assessment yang dilakukan guru adalah penilaian terhadap procedural knowledge, procedural skill, dan product. Produk yang dinilai berupa laporan tertulis dan gambar atau poster. Pernyataan siswa terhadap implementasi performance assessment untuk keterampilan proses sains selama mereka mengikuti pembelajaran pokok bahasan Ekosistem pada umumnya sesuai dengan pernyataan guru. Kemampuan siswa dalam keterampilan proses sains pokok bahasan Ekosistem termasuk kategori tinggi untuk aspek keterampilan dasar subaspek keterampilan melakukan pengamatan. Kategori sedang untuk subaspek keterampilan merekam data dan keterampilan mengklasifikasi. Aspek keterampilan mengolah/memroses termasuk kategori sedang dalam subaspek keterampilan memprediksi dan menginferensi. Gagasan guru dalam konteks assessment for learning antara lain: pentingnya pembelajaran dan penilaian kemampuan siswa dalam procedural knowledge melakukan penyelidikan dalam suatu ekosistem, pentingnya pembelajaran dan melakukan penilaian kemampuan siswa dalam keterampilan proses sains seperti melakukan pengamatan, melakukan pengukuran, mengklasifikasi, membuat prediksi, menyampaikan informasi berdasarkan grafik, dan membuat tabel

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: performance assessment, keterampilan proses sains, assessment for learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12642

Actions (login required)

View Item View Item