Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Aspek Kognitif Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor

Labiiq, Aisyah Ummu (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Aspek Kognitif Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-'aisyah-ummu-labiiq-12708251038.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran berbasis proyek yang layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor; (2) mengetahui apakah penggunaan produk perangkat pembelajaran fisika materi suhu dan kalor berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan ilmiah dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas XB MAN Yogyakarta III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development) dengan pendekatan yang diadaptasi dari Borg & Gall menjadi tujuh langkah, yakni: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba terbatas, revisi draf produk, uji coba lebih luas dan revisi produk awal untuk dihasilkan produk akhir perangkat pembelajaran berbasis proyek. Produk dinilai kelayakannya oleh tujuh validator. Uji coba terbatas dilakukan pada delapan subjek uji di kelas XC dan uji coba lebih luas dilakukan pada 32 subjek uji di kelas XB MAN Yogyakarta III. Uji coba lebih luas menggunakan desain pra eksperimen yakni one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk hasil pengembangan yang terdiri dari RPP versi KTSP, RPP versi Kurikulum 2013, Buku Peserta Didik Berbasis Proyek (BPDBP) dan lembar penilaian proyek dinilai sangat baik oleh validator, tanggapan peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba lebih luas dalam kategori baik, sehingga produk layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor; (2) penggunaan produk pada pembelajaran fisika materi suhu dan kalor dapat meningkatkan keterampilan ilmiah, namun tidak dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas XB MAN Yogyakarta III secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek, keterampilan ilmiah, hasil belajar aspek kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12639

Actions (login required)

View Item View Item