Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer STKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat

Bibi, Sarah (2014) Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer STKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sarah-bibi-12702259006.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman antara pembelajaran model blended learning dengan pembelajaran model konvensional, dan (2) mengetahui peningkatan motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman akibat penerapan pembelajaran model blended learning. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran model campuran (blended learning) dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran model konvensional. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2013/2014 Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak yang berjumlah sebanyak 270 mahasiswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 156 mahasiswa terbagi atas 78 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan 78 mahasiswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian kuasi eksperimen ini dilakukan selama 7 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tingkat pemahaman dengan 40 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban, dan angket motivasi belajar berjumlah 35 dengan skala Likert lima alternatif jawaban. Kedua teknik tersebut diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran pada masing- masing kelompok sampel. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji menggunakan statistik parametrik uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah algoritma dan pemrograman antara pembelajaran model blended learning dengan pembelajaran konvensional nilai signifikansi 0,05 perbedaan rata-rata sebesar 5,782 dan terdapat perbedaan tingkat pemahaman dengan signifikansi 0,05 perbedaan rata-rata sebesar 9,935 serta (2) ada peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah algoritma dan pemrograman akibat penerapan pembelajaran model blended learning dengan nilai signifikansi 0,05 rata-rata peningkatan 11,705 dan ada peningkatan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah algoritma dan pemrograman akibat penerapan pembelajaran model blended learning dengan nilai signifikansi 0,05 rata-rata peningkatan 30,288.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, konvensional, motivasi, tingkat pemahaman
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12618

Actions (login required)

View Item View Item