Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri Sleman 1 dan SD Muhammadiyah Sleman, Kabupaten Sleman

Ernawati, Susy (2014) Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri Sleman 1 dan SD Muhammadiyah Sleman, Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-susy-ernawati-12703259023.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri Sleman 1 dan SD Muhammadiyah Sleman, pada aspek input, proses, dan output. (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri Sleman 1 dan SD Muhammadiyah Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model discrepancy. Model ini mengukur kesenjangan pelaksanaan MBS antara standar dengan kenyataan sehingga dapat diukur dari kriteria yang ditetapkan. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, karyawan, dan komite sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri Sleman 1 dalam aspek input dengan pencapaian indikator 81,70% dengan kesenjangan 18,30%. Dalam aspek proses dengan pencapaian indikator 86,64%, dengan kesenjangan 13,36%. Sedangkan dalam aspek output dengan pencapaian indikator 92,39%, dengan kesenjangan 7,61% dari kriteria yang telah ditetapkan. Selanjutnya SD Muhammadiyah Sleman aspek input dengan pencapaian indikator 76,17%, dengan kesenjangan 23,83%. Aspek proses dengan pencapaian indikator 78,13%, dengan kesenjangan 21,87%. Sedangkan aspek output dengan pencapaian indikator 85,63% dengan kesenjangan 14,37% dari kriteria yang telah ditetapkan, (2) Faktor pendukung SD Negeri Sleman 1 yaitu stakeholders mendukung pelaksanaan MBS dan menjalin hubungan yang baik dengan sekolah, sedang faktor penghambatnya yaitu beberapa orang tua kurang memahami manfaat MBS. Selanjutnya faktor pendukung SD Muhammadiyah Sleman yaitu hubungan komunikasi antara sekolah dengan orang tua siswa berjalan dengan baik, sedang faktor penghambatnya yaitu sering ada tenaga pendidik status PNS yang dimutasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12574

Actions (login required)

View Item View Item