Keefektifan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Kebumen

Wahono, Subagiyo budi (2014) Keefektifan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Kebumen. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-subagio-budi-wahono.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan persepsi kepala sekolah terhadap keefektifan supervisi akademik oleh kepala sekolah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, serta pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pada 4 (empat) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Kebumen. Semua kepala sekolah dijadikan subyek penelitian. Sedangkan untuk guru diambil dengan teknik simple Random Sampling sejumlah 142 orang. Pengambilan data pada penelitian ini dengan angket dan wawancara sebagai pendukung atau cross check. Uji validitas instrumen dengan menggunakan Pearson Correlation. Data kuantitatif diolah secara deskriptif dengan bantuan SPSS 16.0 for window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi akademik menunjukkan kategori efektif, (2) Pelaksanaan supervisi akademik menunjukkan kategori efektif, (3) Tindak lanjut supervisi akademik menunjukkan kategori efektif, (4) Pengaruh supervisi akademik pada kinerja guru yaitu administrasi menjadi lebih baik, penggunaan metode dan media pembelajaran bervariasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah, supervisi akademik, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12572

Actions (login required)

View Item View Item