Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 di SMK Ma’arif 1 Wates dan SMK Negeri 2 Pengasih

Maryadi, Maryadi (2014) Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 di SMK Ma’arif 1 Wates dan SMK Negeri 2 Pengasih. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maryadi-11703254020.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) implementasi sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001:2008, (2) hambatan yang terjadi dalam implementasi SMM ISO 9001:2008, dan (3) penyelesaian hambatan yang terjadi dalam implementasi SMM ISO 9001:2008. Penelitian deskriptif ini menggunakan desain campuran yang digunakan untuk mendeskripsikan implementasi SMM ISO 9001:2008.Tempat penelitian ini adalah SMK Ma’arif 1 Wates dan SMK Negeri 2 Pengasih. Penentuan sekolah sebagai subjek penelitian ini karena SMK Ma’arif 1 Wates merupakan sekolah swasta terbesar di Kulon Progo, dan SMK Negeri 2 Pengasih merupakan sekolah negeri terbesar di Kulon Progo. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala, wakil manajemen (QMR), guru, orang tua siswa, dan siswa di kedua sekolah tersebut. Objek penelitian ini adalah (1) implementasi SMM ISO 9001:2008, (2) hambatan yang terjadi dalam implementasi SMM ISO 9001:2008, dan (3) penyelesaian hambatan yang terjadi dalam implementasi SMM ISO 9001:2008. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan dokumen dan kuesioner. Tingkat implementasi SMM ISO dinyatakan dalam bentuk persentase yang menunjukkan perbandingan antara rerata skor yang diperoleh dengan skor maksimum yang dapat diperoleh. Hasil penelitian ini mengungkapkan kesimpulan bahwa di SMK Ma’arif 1 Wates, implementasi prinsip-prinsip manajemen SMM ISO 9001:2008, memperoleh nilai fokus pada pelanggan 83,95%, kepemimpinan 65,53%, partisipasi karyawan 76,67%, pendekatan proses 72%, pendekatan sistem 75%, perbaikan berkelanjutan 75,13%, pendekatan faktual 64%, hubungan pemasok 74,64%. Hambatan yang terjadi dalam implementasi SMM ISO 9001:2008 adalah pada prinsip manajemen pendekatan faktual dalam pengambilan keputusan kurang efektif. Penyelesaian hambatan dengan melakukan penetapan data, penghimpunan data yang sesuai dan efektif, dan analisis data keefektifan sistem manajemen mutu. Di SMK Negeri 2 Pengasih, implementasi prinsip-prinsip manajemen SMM ISO memperoleh nilai fokus pada pelanggan 79,56%, kepemimpinan 71,58%, partisipasi karyawan 69,10%, pendekatan proses 68%, pendekatan sistem 71,25%, perbaikan berkelanjutan 66,42%, pendekatan faktual 64%, hubungan pemasok 84,83%. Hambatan yang terjadi dalam implementasi SMM ISO 9001:2008 adalah pada prinsip manajemen pendekatan faktual dalam pengambilan keputusan kurang efektif, dan penyelesaian hambatan tersebut adalah dengan melakukan penetapan data, penghimpunan data yang sesuai dan efektif, dan analisis data kefektifan sistem manajemen mutu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2008
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12560

Actions (login required)

View Item View Item