Pengaruh Kepuasan, Pengalaman, dan Kesejahteraan Kerja terhadap Komitmen Kerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat

Jarfi, Louwis (2014) Pengaruh Kepuasan, Pengalaman, dan Kesejahteraan Kerja terhadap Komitmen Kerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-louwis-jarfi-12703251015.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan, pengalaman, dan kesejahteraan kerja terhadap komitmen kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah guru SMA Negeri se Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, yang berjumlah 123 guru. Sampel dipilih berdasarkan keterwakilan wilayah sekolah (area sampling): kota, distrik dan desa; dengan taraf kesalahan 5%. Yakni 89 guru dipilih secara acak dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah divalidasi oleh para ahli (experts judgement) dan uji empirik dengan formula Alpha Cronbach. Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi ganda. Uji prasyarat dilakukan untuk mengetahui normalitas, homogenitas, hetroskedasitas, dan linieritas data. Hasil analisis statistik menunjukkan: (a) Kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen kerja guru dengan kontribusi 65,3% dan sig. pada 0,000; (b) Pengalaman kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen kerja guru dengan kontribusi 62,5% dan sig. pada 0,001; (c) Kesejahteraan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen kerja guru dengan kontribusi 62,3% dan sig. pada 0,002; dan (d) Ada pengaruh positif dan signifikan dari ketiga variabel bebas, yaitu kepuasan, pengalaman, dan kesejahteraan kerja secara bersama-sama terhadap komitmen kerja guru sebesar 56,7%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepuasan, pengalaman, kesejahteraan, komitmen kerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12558

Actions (login required)

View Item View Item